loading...

Manfaat Ulat Kandang Bagi Burung Pleci Lomba

loading...
Manfaat Ulat Kandang Bagi Burung Pleci Lomba

Ulat kandang merupakan larva dari kumbang Alphitobisu diaperinus, dalam bahasa inggris ulat ini biasa disebut dengan Lesser mealworm. Pamor ulat kandang sebagai pakan burung pleci mungkin masih kalah dari ulat hongkong. Itu sebabnya, banyak plecimania yang masih asing dengan salah satu jenis extra fooding (EF) ini. Apalagi tidak semua pedagang memiliki stok ulat kandang atau kerap juga disebut ulat balap. 
Padahal soal kemanfaatannya bagi burung kicauan, ulat kandang tidak kalah dari ulat hongkong. Selain menambah nutrisi, ulat kandang juga memiliki khasiat mendongkrak birahi dan stamina burung kicauan.
Ulat kandang merupakan Ekstra Foding (EF) yang sangat di sukai oleh burung kicau, Dan tidak sedikit juga para pemilik burung kicau memberikan EF tersebut kepada burung pleci lomba.
Untuk ukuran ulat kandang lebih kecil dan lebih pendek jika di bandingkan dengan ulat hongkong. Walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil tapi ulat yang satu ini cukup populer dan memiliki manfaat dan kualitas baik untuk burung kicau, Berikut ini rangkuman manfaat dari ulat kandang untuk burung pleci kesayangan anda.
  • Burung akan lebih rajin mengeluarkan bunyi.
  • Protein dan Gizi yang cukup baik.
  • Kulit ulat lebih lunak dan mudah dicerna oleh burung.
  • Aman diberikan setiap harinya.
namun perlu diperhatikan bahwa UK mengandung protein yang sangat tinggi sehingga mampu membuat birahi burung berada pada titik maksimal. UK juga rendah lemak sehingga burung tidak mudah gemuk. Namun begitu, pemberian UK yang berlebihan dan dilakukan setiap hari, dapat menimbulkan dampak negatif pada burung. Dalam hal ini, burung akan merasa kecanduan sehingga jika dalam beberapa hari tidak diberikan UK, burung akan melempem.
Mengapa bisa demikian? Sejauh ini belum ada penelitian yang mengungkapkan misteri ini. Namun yang jelas, UK dalam pemakaian lama sangat tidak baik, apalagi jika diberikan setiap hari. Bahkan dalam beberapa kasus, burung yang terlalu sering diberikan ulat ini, bisa mengalami benjolan pada kepalanya.
Untuk itu, pemberian UK sebaiknya tidak boleh diberikan terlalu sering. Takarannya pun harus diukur sedemikian rupa. Untuk burung-burung besar seperti Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, dan Cendet, berilah sejumput dua jumput. Sedangkan untuk burung-burung kecil seperti Branjangan, Tledekan, Sulingan, dan burung-burung kecil lainnya, berikan satu sendok teh saja. Sedangkan untuk burung-burung yang berukuran lebih kecil seperti sogok ontong, pleci, dan lain sebagainya, berikan beberapa ekor saja.
Cara di atas dilakukan dengan tujuan supaya burung tidak mengalami kecanduan. Sebab, cara ini hanya menempatkan UK benar-benar sebagai pendongkrak dan makanan tambahan saja, bukan makanan utama sebagaimana Jangkrik.


Artikel ini disponsori oleh: 
loading...

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Ulat Kandang Bagi Burung Pleci Lomba"

Post a Comment