loading...

Cara Mudah Membuat Yoghurt

loading...


Cara Mudah Membuat Yoghurt

PEMBUATAN YOGHURT

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.                               

Yoghurt merupakan minuman susu asam yang dibuat dengan cara menambahkan bakteri laktat. Bakteri ini berfungsi untuk menggumpalkan protein susu dan meningkatkan cita rasa serta aroma yoghurt.

Untuk membuat yoghurt, susu dipasteurisasi terlebih dahulu. Ahli mikrobiologi, Alice Evans, menemukan bahwa beberapa bakteri pada susu murni dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Oleh sebab itu susu murni perlu disterilisasi terlebih sebagian untuk membunuh bakteri pada suhu mendekati titik didih.

Selanjutnya sebagian besar lemak dibuang. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt, yaitu Lactobacillusbulgaricusdan Streptococcus thermophillus. Kedua bakteri tersebut ditambahkan pada susu dengan jumlah yang seimbang, selanjutnya disimpan selama ± 5 jam pada temperatur 45 derajat Celcius. 

Selama penyimpanan tersebut pH akan turun menjadi 4,0 sebagai akibat dari kegiatan bakteri asam laktat. Selanjutnya susu didinginkan dan dapat diberi cita rasa.

Bahan-bahan membuat yoghurt
1.      Panci 2 buah
2.      Kompor  gas 
3.      Sendok
4.      Batang pengaduk
5.      Toples secukupnya
6.      Alat-alat membuat yoghurt
7.      Susu sapi segar sebanyak satu liter (1000 ml)
8.      Yoghurt plain (starter yogurt) sebanyak 50 ml

Cara kerja membuat yoghurt
  • Panaskan susu 1 liter yang akan difermentasi pada suhu 90 derajat celcius selama 15-30 menit, jangan biarkan susu mendidih
  • Dinginkan susu yang telah dipanaskan sampai suhunya mencapai 40 derajat celcius 
  • Campurkan yoghurt plain sebanyak 0,5 % dari jumlah susu yang akan difermentasikan, kemudian tutup tempat susu tersebut.
  • Simpanlah susu yang telah diinokulasikan tersebut dalam ruangan yang bersuhu sekitar 43 derajat celcius selama 24 jam.

loading...

Related Posts:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Yoghurt "

Post a Comment