loading...

Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat: Cindelaras [Dongeng Sebelum Tidur]

loading...

Mendongeng adalah menyampaikan peristiwa dalam kata-kata, suara dan / atau gambar, sering dengan improvisasi. Cerita atau narasi telah dibagikan di setiap kebudayaan sebagai sarana hiburan, pendidikan, pelestarian budaya dan menanamkan nilai-nilai moral. elemen penting dari cerita dan cerita termasuk plot, karakter dan sudut pandang narasi. Istilah 'cerita' digunakan dalam arti sempit untuk merujuk secara khusus untuk cerita lisan dan juga dalam arti longgar untuk merujuk pada teknik yang digunakan dalam media lain terungkap.
Di bawah ini adalah contoh cerita terbaru dari kalimantan barat yang bisa menjadi andalan bagi story teller atau pendongeng untuk melakukan aksi sotry telling nya atau mendongeng nya.
Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat: Cindelaras [Dongeng Sebelum Tidur]

Legenda Sungai Landak

Lama waktu yang lalu, hidup seorang petani dan istrinya di sebuah desa di pinggir hutan. Mereka hidup sederhana dan mereka suka membantu orang lain, terutama orang yang mendapat masalah. Suatu malam, setelah petani dan istrinya telah bekerja sepanjang hari di sawah, mereka beristirahat di rumah mereka. Petani itu duduk di samping istrinya yang sedang tidur. Tiba-tiba, kunang-kunang terbang di atas kepala petani dan membuatnya kagum dengan cahaya dari kunang-kunang itu. Dia kemudian kunang-kunang sampai mereka mencapai kolam kecil tidak jauh dari rumah mereka. Kemudian kunang-kunang yang Tiba-tiba menghilang. petani pulang ke rumah dan menemukan istrinya masih nyenyak tertidur.
Di pagi hari, petani dan istrinya bekerja di bidang mereka. Mereka berada di sana selama beberapa jam. Mereka sangat lelah dan ingin beristirahat. Kemudian istri tol suaminya tentang mimpinya semalam. "Sayang, aku bermimpi sesuatu yang aneh tadi malam. Dalam mimpi saya, saya sedang berjalan melalui bidang yang luas, dan saya Datang ke kolam. Saya melihat landak raksasa di danau. Itu melotot padaku, jadi aku lari." Kata sang istri. "Benar-benar? Mari saya periksa di kolam saya mengunjungi tadi malam ketika saya Diikuti kunang-kunang yang!" Dijawab petani tersebut.
Setelah dia mendengar mimpi istrinya, petani kembali ke kolam kecil ia telah mengunjungi tadi malam. Tepat sebelum ia menemukan sesuatu yang sangat mengkilap. Dia Datang ke objek mengkilap dan membawanya. "
Ya Tuhan! Apa itu? Itu bersinar sangat indah" katanya spontan. Kemudian ia menemukan bahwa itu patung landak. Itu sangat indah. Matanya terbuat dari berlian. petani kemudian dibawa patung rumah. Dia ingin menunjukkan kepada istrinya. Setelah petani tiba, ia membuat istrinya melihat patung. Istrinya sangat senang dan berencana untuk menjualnya. "Terima kasih Tuhan, Anda sudah memberi kami berkat Anda melalui patung ini, dengan ini kita akan kaya." Berdoa istrinya
Pada malam hari, petani memiliki mimpi. Sebuah landak raksasa Datang kepadanya. Ia mengatakan, "Tolong beritahu saya tinggal di rumah Anda. Sebagai imbalannya, saya akan memberikan semua yang anda inginkan. Hanya membelai kepala patung dan mengucapkan doa. Ada dua jenis doa, satu adalah untuk memulai keinginan Anda dan yang kedua adalah untuk menghentikan keinginan Anda. Sekarang menghafal doa-doa. "

Pada hari berikutnya, petani dari tol istrinya tentang mimpinya. Mereka benar-benar ingin MEMBUKTIKAN itu. petani perlahan membelai kepala patung. Dia mengatakan doa dan meminta beras. Tiba-tiba, hal yang ajaib terjadi. Beras Datang dari mulut patung. Beras terus keluar dari mulut patung itu.

Petani itu segera mengucapkan doa untuk menghentikannya. Itu bekerja! Beras kemudian berhenti keluar dari mulut patung itu. Sekarang petani Disebutkan hal-hal lain, mereka perhiasan dan barang lainnya yang mereka butuhkan. Hanya dalam beberapa saat, petani dan istrinya Menjadi sangat kaya. Tapi mereka masih suka membantu orang lain. Banyak miskin Datang kepada mereka untuk membantu. Mereka kemudian berbagi dengan tetangga Ulasan bahan mereka.
Ada satu tetangga yang sangat cemburu. Dia benar-benar seorang pencuri! "Apa yang terjadi dengan petani? Kenapa dia begitu kaya sekarang? Itu tidak masuk akal, saya harus tahu mengapa. Saya akan mencari rahasia, ya itu adalah suatu keharusan." Pencuri itu bergumam. Dia ingin tahu bagaimana petani Menjadi kaya.
Sayangnya, pencuri mengetahui tentang rahasia patung landak. "Akhirnya, saya tahu rahasianya, saya akan mencuri besok, maka saya akan hahahhaha kaya" tertawa pencuri. Berpura-pura menjadi bertanya miskin untuk bantuan, ia tiba-tiba mencuri patung dari rumah petani. Segera ia mengambilnya dan melarikan diri. Dia sangat lelah dari berjalan dan sangat haus. Dia ingin mendapatkan air dari patung. Dia mengatakan doa. keinginannya menjadi kenyataan. Air Keluar dari mulut patung.
pencuri sangat senang. Dia minum dan minum air dan berkata "hahahaha saya tahu bagaimana menggunakannya, setelah ini saya akan meminta perhiasan, maka saya akan menjadi kaya untuk tiba-tiba." Ia ingin berhenti minum berharap agar berikutnya tapi dia tidak tahu bagaimana menghentikan air. Dia lupa cara menghentikan permintaan doa. Air terus keluar. Dia tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dia benar-benar panik. "Hei berhenti, aku berkata berhenti. Jangan beri aku air lagi! Stop! Aku ingin emas!" Teriak pencuri. Dia meminta bantuan. Orang-orang yang melihat kejadian tersebut benar-benar ketakutan. Mereka melarikan diri untuk menghindari air. Semakin banyak air mengelilinginya.

Perlahan-lahan, itu Menjadi sebuah kolam kecil. Air mengalir di tanah. Ini Menjadi sungai. Orang kemudian diberi nama sungai sebagai Sungai Landak. ***
loading...

Related Posts:

0 Response to "Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat: Cindelaras [Dongeng Sebelum Tidur]"

Post a Comment