loading...

Tips Agar Orang Tua Dapat Mengoptimalkan Fungsi Positif Gadget

loading...
Tips Agar Orang Tua Dapat Mengoptimalkan Fungsi Positif Gadget 

Yang sering luput dari masyarakat ketika menggunakan smartphone adalah menyesuaikan diri dengan gadget yang pinter itu. Artinya, kita seharusnya jangan kalah pintar dengan gadget sehingga bisa menggunakan dengan smart juga, dengan bijak.

Kebijaksanaan yang lebih tinggi dalam menggunakan gadget diperlukan saat fungsi telepon genggam menjadi lebih luas. bila sebelumnya fungsi telepon genggam hanya untuk telepon dan sms, kini dengan kemampuan mengakses internet, ada banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh sebuah telepon genggam. Mulai dari mengakses internet, ada banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh sebuah telepon genggam. Mulai dari mengakses media sosial, chatting, game, memutar video, dan beragam program aplikasi lainnya. Karena itulah ia disebut smartphone atau telepon pintar.

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh gadget dalam menyampaikan informasi sebenarnya memberikan peluang yang begitu lebar bagi penggunanya untuk menebarkan sebanyak mungkin pesan-pesan kebaikan kepada orang lain. Lewat media sosial, dengan sekali meng-update status, kita bisa menebarkan pesan ke banyak orang dalam satu waktu dengan hampir tanpa biaya.

Bagi orang tua, gadget juga menyediakan berbagai perangkat yang bisa membantu orang tua menjalankan program pengasuhan. Beberapa aplikasi dari smartphone bisa mendukung stimulasi perkembangan anak terutama aspek kognitif, seperti pembelajaran huruf dan angka, video edukatif dari youtube, dan games interaktif

Berikut ini tips agar orang tua dapat mengoptimalkan fungsi positif gadget dalam keluarga:

1. Orang tua harus membekali diri lebih dahulu tentang perkembangan teknologi saat ini dengan cara mencari informasi mengenai jenis-jenis gadget, aplikasi yang sesuai dengan anak, jenis-jenis game yang kurang baik, berbau pornografi dan kekerasan.

2. Setelah cukup informasi, pilihlah aplikasi dan jenis video yang memang cocok dengan usia anak lalu simpan dalam gadget.

3. Berilah jadwal untuk anak menggunakan gadget.

4. Jika tidak bisa mendampingi, maka izinkanlah anak bermain gadget hanya dengan aplikasi yang sudah tersimpan di dalam gadget oleh orang tua. Tidak boleh mengunduh game yang lain.
 
5. Sebisa mungkin, dampingi anak jika anak mengakses Youtube dan internet.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Tips Agar Orang Tua Dapat Mengoptimalkan Fungsi Positif Gadget. Semoga bermanfaat. Bye
loading...

Related Posts:

0 Response to "Tips Agar Orang Tua Dapat Mengoptimalkan Fungsi Positif Gadget"

Post a Comment