loading...

15 TIPE ORANG YANG BERESIKO WASIR

loading...

   Wasir atau Haemorrhoid berarti pelebaran pembuluh darah vena-vena di daerah anus hingga membentuk benjolan yang mudah pecah (diatasi vena pleksus haemorroidalis). Haemoroid sebenarnya adlah struktur normal adanya dalam tubuh setiap orang. Kelainan muncul jika terjadi bendungan dan kelemahan penyangganya.   15 Tipe Orang Yang Beresiko Wasir      Sembelit/konstipasi     Diare berulang     BAB tidak teratur dan tidak setiap hari     Terlalu banyak duduk     Pola dan menu makan yang salah     Sering mengedan kuat saat BAB     Gangguan saluran cerna     Faktor keturunan     Kehamilan     kegemukan     Kurang olahraga     Persalinan normal     Tumer di perut (abdomen) atau panggul (pelvic)     Usia tua     Penyakit-penyakit yang mengakibatkan seseorang menjadi sering mengedan  Tanda dan Gejala Wasir  Tanda dan gejala yang mungkin timbul diantaranya:      tahap awal umumnya tidak nyeri, nyeri baru muncul pada stadium lanjut     perih di anus ketika BAB dan sesudahnya     pendarahan segar menjelang atau setelah BAB     rasa tidak nyaman di daerah anus     keluar benjolan di anus saat BAB     sering keluar lendir dari anus  Perlu Diperhatikan tidak selalu pendarahan, lendi, atau benjolan yang keluar dari anus akibat hemoroid. gejala ini bisa juga diakibatkan adanya tumor di anus atau peradangan kronis. periksakan seksama kepada dokter. gejala hemoroid menurut tingkat keparahannya  STADIUM    PENDARAHAN    BENJOLAN SAAT BAB  1    +  -    -  2    +  -    Masuk sendiri setelah BAB  3    +  -    Harus dimasukkan sendiri setelah BAB  4    +  -    Menetap di luar   BAGAIMANA MENGATASINYA??   Kunci utama dalam pengobatan hemoroid adalah mengendalikan atau meminimalkan faktor risiko wasir. Namun dari semua faktor tersebut, perubahan pola hidup adalah hal yang paling berperan dalam penyembuhan. Adakalanya hemoroid kambuh walaupun telah dioperasi jika pola hidup tidak di perbaiki.   Secara garis besar, terapi digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu :  1. Terapi operatif       - operasi klasik hermoroidektomy       - operasi bedah beku       - operasi laser       - Haemorrhoid Artery Ligation (HAL)       - Operasi Stapler   2. Terapi tanpa operasi (non operatif)       - Konservatif (Obat, diet, dan pola hidup)       - Suntikan skleroterapi       - Ikatan karet (rubber band ligation)   Terimakasi sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.
Wasir atau Haemorrhoid berarti pelebaran pembuluh darah vena-vena di daerah anus hingga membentuk benjolan yang mudah pecah (diatasi vena pleksus haemorroidalis). Haemoroid sebenarnya adalah struktur normal adanya dalam tubuh setiap orang. Kelainan muncul jika terjadi bendungan dan kelemahan penyangganya.

15 Tipe Orang Yang Beresiko Wasir
  1. Sembelit/konstipasi
  2. Diare berulang
  3. BAB tidak teratur dan tidak setiap hari
  4. Terlalu banyak duduk
  5. Pola dan menu makan yang salah
  6. Sering mengedan kuat saat BAB
  7. Gangguan saluran cerna
  8. Faktor keturunan
  9. Kehamilan
  10. kegemukan
  11. Kurang olahraga
  12. Persalinan normal
  13. Tumer di perut (abdomen) atau panggul (pelvic)
  14. Usia tua
  15. Penyakit-penyakit yang mengakibatkan seseorang menjadi sering mengedan
Tanda dan Gejala Wasir
Tanda dan gejala yang mungkin timbul diantaranya:
  • tahap awal umumnya tidak nyeri, nyeri baru muncul pada stadium lanjut
  • perih di anus ketika BAB dan sesudahnya
  • pendarahan segar menjelang atau setelah BAB
  • rasa tidak nyaman di daerah anus
  • keluar benjolan di anus saat BAB
  • sering keluar lendir dari anus
Perlu Diperhatikan
tidak selalu pendarahan, lendi, atau benjolan yang keluar dari anus akibat hemoroid. gejala ini bisa juga diakibatkan adanya tumor di anus atau peradangan kronis. periksakan seksama kepada dokter.

gejala hemoroid menurut tingkat keparahannya

STADIUM
PENDARAHAN
BENJOLAN SAAT BAB
1
+
-
-
2
+
-
Masuk sendiri setelah BAB
3
+
-
Harus dimasukkan sendiri setelah BAB
4
+
-
Menetap di luar


BAGAIMANA MENGATASINYA??

Kunci utama dalam pengobatan hemoroid adalah mengendalikan atau meminimalkan faktor risiko wasir. Namun dari semua faktor tersebut, perubahan pola hidup adalah hal yang paling berperan dalam penyembuhan. Adakalanya hemoroid kambuh walaupun telah dioperasi jika pola hidup tidak di perbaiki.

Secara garis besar, terapi digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu :
1. Terapi operatif
     - operasi klasik hermoroidektomy
     - operasi bedah beku
     - operasi laser
     - Haemorrhoid Artery Ligation (HAL)
     - Operasi Stapler

2. Terapi tanpa operasi (non operatif)
     - Konservatif (Obat, diet, dan pola hidup)
     - Suntikan skleroterapi
     - Ikatan karet (rubber band ligation)

Terimakasi sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.
Baca juga Mengatasi Wasir Tanpa Operasi
loading...

Related Posts:

0 Response to "15 TIPE ORANG YANG BERESIKO WASIR"

Post a Comment