loading...

Contoh RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTS Kelas 7

loading...

Contoh RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTS Kelas 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 7.    Mendengarkan
                                 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur  : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa
b.      memahami penjelasan meminta & memberi barang
c.       memahami pertanyaan tentang meminta &memberi fakta

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice
·         Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
expression and respond
expression and match it with the suitable response
b.      Grammar Practice
Contoh:
A :  Pass me the  pencil,   please!
B :  Sure. Here you  Are.
A :  Give me a piece  of paper, please!
B :  Sure, Here You  are.

A :  Did you come  here yesterday?
B :  I did.
3.      Metode Pembelajaran: Threephase technique

4.      Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa.
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa
F  Mendengarkan dan memahami meminta & memberi barang
F  Mendengarkan dan melengkapi kebangsaan orang-orang dalam gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber Belajar
A.     Buku teks yang relevan :
B.     Kaset/CD 
C.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
D.     Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta &
   memberi jasa

2. Meminta &
       memberi  
       barang

    3.Meminta &
       memberi
       fakta




Tes lisan


a.Tes tulis



b.Unjuk kerja



Tes lisan


Merespon ungkapan


Matching


T / F


Merespon tindakan
Memberi jawaban singkat


 1. Listen to the expression and
     respond to it

2.  Listen to the expression and
     match it with the suitable  
     response

3.  Listen to the dialoque and
     decide whether it is TRUE or
     FALSE.
4. Pass me the pencil, please.
5. Give short answer

A.     Instrumen:
Ø  Listen to the expression and respond to it
Ø  Listen to the expression and match it with the suitable response
Pass me the pencil, please.

B.     Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =

C.     Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 7.    Mendengarkan
                                 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi pendapat
Ø  memahami pernyataan suka dan tidak suka
Ø  memahami permintaan klarifikasi secara interpersonal

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
Respond to  the following expression orally.
 A: What do you think?
 B: .Not ........
 A: What do you like to drink?
 B: ...................

Listen to the expression and choose the best option
 A: Are you sure?
 B: .............
 a. Ok         b.  Fine
 c. Alright    d. I am

3.      Metode Pembelajaran: Threephase technique



4.      Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai ungkapan-ungkapan  meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon introduction tentang topik materi yang akan disampaikan
F  Mendengarkan dan merespon penjelasan kosakata dan tatabahasa tentang topik materi yang akan dipelajari
F  mendengarkan percakapan transaksional dan interpersonal tentang topik materi yang dipelajari
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan :.
§  Kaset/CD  .
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan


6.      Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan    memberi
   pendapat
2.Menyatakan     suka dan tidak    suka
3.Meminta klarifikasi
4. Merespon  secara  
     interpersonal

Tes lisan    



Tes Lisan


Tes tulis




Tes tulis
Merespon ungkapan


Merespon ungkapan

 pilihan ganda



jwbn singkat

Respond to  the following 
    expressions orally.
1.     A: What do you think?
        B: .Not ........
2.  A: What do you like to 
          drink?
      B: ...................
3.  A: Are you sure?
     B: ..................
         a. Ok         b.  Fine
         c. Alright    d. I am

4. A: I’m happy
    B: Are you?
    A:…….

A.     Instrumen:
Respond to  the following expression orally.
 A: What do you think?
 B: .Not ........

Listen to the expression and choose the best option
 A: Are you sure?
 B: .............
 a. Ok         b.  Fine
 c. Alright    d. I am

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0




Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi      : 8.   Mendengarkan
      Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks fungsional pendek mengenai
o   Instruksi
o   Daftar barang belanjaan
o   Ucapan selamat
o   Pengumuman
o   Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.
o   Menentu kan ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
Materi Pembelajaran
·         Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan Selamat
Pengumuman
  • Kosakata terkait tema dan jenis teks

  • Ciri kebahasaan teks fungsional :
instruksi
daftar barang
ucapan selamat
pengumuman

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai interaksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Brain storming tentang kosakata terkait materi
F  Membahas kosakata dan tata bahasa terkait materi tentang : noun, noun phrase, adjective, verb, adverb.
F  Mendengarkan teks fungsional  yang mengunakan gambit-gambit attention please, thanks, excuse me, sorry.
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan :
§  Kaset/CD 
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan



Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Merespon makna
    dalam teks fung-
    sional pendek :
- Instruksi
- Daftar barang
   belanjaan
- Ucapan 
   selamat
- Pngumuman
 2. Menentukan
    Fungsi komuni-
    katif teks yang
    didengar.

3. Menentu kan ciri
    kebahasaan dari
    masing-masing
    teks fungsional
    yang didengar

Tes lisan

 Tes tulis

Unjuk kerja

Test Lisan

Tes Tulis
Jwbn singkat

-Pilihan  ganda

-melengkapi
 Melakukan perintah
Jawaban Singkat

Uraian singkat
Listen to the text and answer the questions.

Listen to the text and choose the best option.

Listen to the text and complete the sentences.

Listen to the instruction and do it !

What is the purpose of the text

Listen and write all the verbs stated in the text

Listen and write all the verbs stated in the text


§  Instrumen:
1.      Listen to the text and answer the questions.
2.      Listen to the text and choose the best option.
3.      Listen to the text and complete the sentences.
4.      Listen to the instruction and do it !

§  Pedoman Penilaian
Ø  Untuk tiap jawaban benar skor 2,5
Ø  Jumlah skor maksimal 4 x 2,5  = 10
Ø  Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0

Mengetahui:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :  VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 8. Mendengarkan
      Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 8.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Instruksi diskriptif & procedur

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
·         Teks monolog berbentuk:
DeskriptIf
prosedur
Kosakata terkait tema / jenis teks
Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
Langkah retorika teks deskriptif / prosedur

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai interaksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa


B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait tema / jenis teks yang dibahas.
F  Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam teks deskriptif / prosedur
F  Mendengarkan model monolog teks deskriptif/prosedur
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks deskriptif/prosedur
F  Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar.
F  Mengidentifikasi kata kerja dari teks yang didengar.
F  Mendengarkan teks deskriptif / prosedur lainnya.
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Merespon informasi dalam teks lisan monolog  berbentuk :
- Diskriptif
- Procedur

·   Menentukan ciri kebahasaan teks yang didengar.

·   Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.

 Tes lisan


 Tes tulis


 Tes tulis

 Pertanyaan lisan

 Pilihan ganda


Pilihan ganda
Listen and answer the following questions

Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d

Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d


§  Instrumen:
§  Listen and answer the following questions
§  Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d
Listen and make a draft of retelling descriptive/procedure text

§  Pedoman Penilaian
Ø  Untuk tiap jawaban benar skor 5
Ø  Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
Ø  Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0




Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 9.    Berbicara
                                             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat      
Kompetensi Dasar       : 9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 X Pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Contoh:
A : Pass me the  pencil please!
B : Sure. here you are.

A : Give me the paper Please!
B : Sure, here it is.

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi
F  Berlatih dengan teman mengunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi
F  Bermain peran menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
* Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
    1.Meminta dan
       memberi jasa

    2.Meminta dan
       memberi barang

    3.Meminta dan
        memberi fakta


Unjuk kerja


Tes Lisan






Unjuk kerja

Bermain peran


Merespon ungkapan





Bermain peran

1. Perform the dialogue with 
    your friend in the front of the    class!

2. Listen to the expression and
    respond to it , example :
    a. Pass me the salt, please.
    b. Give me the paper,
        please.
    c. Did you come late?

3. Create a dialoque based on       the role cards and performit.


§  Instrumen:
Perform the dialogue with your friend in the front of the class!

Listen to the expression and respond to it , example :
1.      Pass me the salt, please.
2.      Give me the paper, please.

Create a dialoque based on the role cards and perform it.

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 9.    Berbicara
                                             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat      
Kompetensi Dasar       : 9.2  Mengungkapkan  makna dalam  percakapan transaksional (to get things done)& interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Contoh :
A.            What do you think  of this?
B.            Not bad
A.      I like tea
B.      I don’t
A.            Are you sure
B.            I am
A.      Do you?
B.      I do

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon pertanyaan tentang topik materi yang akan disampaikan
F  Mendengarkan dan merespon pembahasan tentang kosakata dan tatabahasa yang terkait dengan topik materi yang akan disampaikan
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal dengan teman dengan materi yang dipelajari
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.



Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Bertanya dan menjawab berbagai Informasi :

1.  Meminta &
     memberi pendapat


 2. Menyatakan suka 
      dan tidak suka

 3. Meminta klarifikasi


 4. Merespon secara  
      interpersonal




Unjuk kerja


Tes lisan


Unjuk kerja

Tes lisan




Bermain peran


Daftar pertanyaan

Bermain peran

Menjawab singkat






Perform a dialogue about asking and giving opinion with your own words!

Answer the following questions orally!

Create a dialoque based on the role cards and perform it

Give your positive response
a.       Do You ?
b.      Are You ?
c.       Can You ?
d.      Does she ?


§  Bentuk: Performance, Daftar pertanyaan, Bermain peran
§  Instrumen:
Perform a dialogue about asking and giving information with your own words!
Answer the following questions orally!
Create a dialoque based on the role cards and perform it
§   
§  Rubrik Penilaian

Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 10.     Berbicara
                                             Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 10.1   Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
§  Instruksi
§  Daftar barang
§  Pengumuman
§  Ucapan selamat

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk :
­ Instruksi
­ Daftar barang
­ Pengumuman
­ Ucapan selamat
§  Memberi instruksi secara lisan.
§  Menyebutkan daftar barang tertentu.
§  Mengumumkan sesuatu
§  Mengucapkan selamat

Unjuk kerja








Uji petik berbicara




1.      Give instrtruction to your friend orally based on the picture.
2.      Mention the things you find in ...
3.      Announce a certain information to your friend
4.      Say something to  your friend when ...
a. He/She got good score   
     at english test
b. won the game


§  Instrumen:
Give instrtruction to your friend orally based on the picture.
Make a list of things you find in ...
Announce a certain information to your friend
Congratulate your friend on his / her success

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0
Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 10.     Berbicara
                                             Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 10.2   Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             :2 x 40 menit ( 2x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
1.   Teks monolog
berbentuk :  Descriptive/Procedure
1.      Kosa kata terkait tema / jenis teks.
2.      Ciri kebahasaan teks deskriptif / prosedur

Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa


B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Memperhatikan dan merespon penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa dalam teks monolog Deskriptif/prosedur tentang Dea/How to make a cup of tea.
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Mengungkapkan
    berbagai informasi
    dalam teks 
    monolog berbentuk 
-Descriptive
-Procedure

2.Menyebutkan fugsi
    komunikatif teks
    yang didengar.

3.Menyebutkan ciri
    kebahasaan teks
    yang didengar.

4.Melakukan monolog
   dalam bentuk
   deskriptif / prosedur
 Tes lisan


Unjuk kerja
Daftar pertanyaan

Uji petik berbicara



Uji petik berbicara

Answer the following questions orally!

2.a. Describe something /
       someone with your own
       words orally in front of
       the class!

2.b. Tell your friends how to
       do something (make a
       cup of tea)

§  Instrumen:
Answer the following questions orally!
Describe something / someone with your own words orally in front of the class!
Tell your friends how to do something (make a cup of tea)

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0

Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 11.     Membaca
                                             Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 11.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill                  : Membaca
Alokasi Waktu             :4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan selamat
pengumuman

Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.mengidentifikasi 
   berbagai informasi   
   dalam teks 
   fungsional pendek
   berupa:
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan  
   selamat
- Pengumuman

2.Merespon berbagai   informasi dalam teks    fungsional pendek

3.Membaca nyaring teks fungsional / pendek.

Tes tulis

Tes lisan
Esai

Unjuk kerja
Esai

Pilihan Ganda

Jawaban Singkat

Uji petik membaca nyaring
1.write down the answers completely

2.Choose the best answer by crossing a,b,c,d

3.Answer the questions orally

4.Read the text aloud.


§  Instrumen:
A.     write down the answers completely
B.     Choose the best answer by crossing a,b,c,d
C.     Answer the questions orally
D.     Read the text aloud.

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 11.     Membaca
                                             Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 11.2   Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure
 Aspek/Skill                 : Membaca
Alokasi Waktu             :4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan teks deskriptif/prosedur yang akan dibaca
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Mengidentifikasi 
    berbagai informasi
    dalam teks
    descriptive dan
    procedure

2. Mengidentifikasi
fungsi komunikatif
    teks deskriptif /
    procedure.

3. Mengidentifikasi
    langkah retorika  
    teks deskriptif   
    /prosedurmenyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive / procedure.

Tes lisan



 Tes tulis


Tes tulis
 Daftar pertanyaan


Uraian


Pilihan Ganda

Jawaban singkat
1. Read the text carefully 
    and then answer the
   following questions briefly!

2. Answer the questions
    based on the text.

3.Choose the correct
   Answer

List all the verbs started in the text
§  Bentuk: Uraian
§  Instrumen:
&    Answer the questions based on the text.

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 11.     Membaca
                                             Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 11.3   Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
 Aspek/Skill                 : Membaca
Alokasi Waktu             :2 x 40 menit

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
Teks descriptive/procedure
§  Pronunciation
§  Intonation
§  punctuation

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring teks descriptive/procedure tentang pentingnya  pronunciation, intonation, punctuation, kualitas suara
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
·  Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
·  Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar.

Tes unjuk kerja

Melafalkan


Intonasi



Uji petik Membaca nyaring
1. Pronounce the following 
  words or phrases correctly!

2. Read the following
    sentences by applying 
    correct intonation!

3. Read the following text loudly!
§  Instrumen:
1.      Pronounce the following words or phrases correctly!
2.      Read the following sentences by
3.      applying correct intonation!
§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi      : 12.    Menulis
                                                Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 12.1   Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill                  : Menulis
Alokasi Waktu             :4 x 40 menit (2x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
- Teks fungsional
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks fungsional.

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membahas dan mengembangkan kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb, simple Pr tense, imperative
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menulis teks
       fungsional  
       pendek
       berbentuk :
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan   
  Selamat

·   Menulis kalimat
        sederhana
Test tulis

Tes tulis


Penugasan
Melengkapi

Menyusun kata acak

Esai bebas



Tugas rumah
1. Complete the sentences

2. Rearrange the words into  
     good sentences

3. Write down your own
    shopping list based on the   
    situation given.

4. Write down list of instructions 
    to be on time to school

5.Write a greeting card to your
   friend on his/her birthday

Listen and make a draft of retelling descriptive/procedure text
§  Instrumen:
Complete the sentences
Write down your own shopping list based on the situation given.

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0

Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 12.     Menulis
                                                Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar           : 12.2           Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure.
Aspek/Skill                  : Menulis
Alokasi Waktu             :6 x 40 menit ( 3x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
Teks monolog berbentuk
Descriptive/procedure

Metode Pembelajaran: Threephase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama kedua dan ketiga.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif / prosedur
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Menulsi frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif / prosedur.
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Melengkapi teks - descriptive
- procedure

2. Menyusun teks

3. Menulis teks berbentuk
- Descriptive/
   procedure

 Tes tulis

melengkapi


menyusun teks


Esai
1. Complete the blank
    spaces Correctly.

2. Arrange the jumbled
    sentences into a good  
    descriptive/procedure text

3. Write down  a simple  
    descriptive/procedure text  
    based on the picture / 
    with your own words


§  Instrumen:
Complete the blank spaces Correctly.
Arrange the jumbled sentences into a good descriptive/procedure text
Write down  a simple descriptive/procedure text  based on the picturewith your own words

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah



( Diding Juanda, S.E )
NIK :  003.06.2006.011
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK :  003.06.2013.003


loading...

Related Posts:

0 Response to "Contoh RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 "

Post a Comment