loading...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi :
7. Mendengarkan
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan
memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
a.
memahami ungkapan-ungkapan
meminta & memberi jasa
b.
memahami
penjelasan meminta
& memberi barang
c.
memahami pertanyaan tentang meminta &memberi fakta
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a. Communication Practice
·
Percakapan yang
memuat ungkapan-ungkapan:
expression and respond
expression and match it with the
suitable response
b. Grammar Practice
Contoh:
A : Pass me the
pencil, please!
B : Sure. Here you Are.
A : Give me a piece of paper, please!
B : Sure, Here You are.
A : Did you come
here yesterday?
B : I did.
3. Metode
Pembelajaran: Threephase technique
4. Langkah-Langkah
Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai ungkapan-ungkapan meminta & memberi jasa.
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F
Mendengarkan dan
memahami ungkapan-ungkapan meminta &
memberi jasa
F
Mendengarkan dan
memahami meminta & memberi barang
F
Mendengarkan dan
melengkapi kebangsaan orang-orang dalam gambar
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
Belajar
A. Buku teks yang relevan :
B. Kaset/CD
C. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
D. Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta &
memberi
jasa
2. Meminta &
memberi
barang
3.Meminta &
memberi
fakta
|
Tes lisan
a.Tes tulis
b.Unjuk kerja
Tes lisan
|
Merespon ungkapan
Matching
T / F
Merespon tindakan
Memberi jawaban singkat
|
1. Listen to the expression and
respond to it
2. Listen to the expression and
match it with the suitable
response
3. Listen to the dialoque and
decide whether it is TRUE or
FALSE.
4. Pass
me the pencil, please.
5. Give
short answer
|
A. Instrumen:
Ø Listen to the expression and respond to it
Ø Listen to the expression and match it with the suitable
response
Pass me the pencil,
please.
B. Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing
elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =
C. Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi :
7. Mendengarkan
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta
dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi,
dan merespon secara interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø memahami ungkapan-ungkapan
meminta & memberi pendapat
Ø memahami pernyataan suka
dan tidak suka
Ø memahami permintaan klarifikasi secara interpersonal
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
Respond to the
following expression orally.
A: What do you
think?
B: .Not
........
A: What do you
like to drink?
B:
...................
Listen to the expression and choose the best option
A: Are you
sure?
B:
.............
a. Ok b.
Fine
c. Alright d. I am
3. Metode
Pembelajaran: Threephase technique
4. Langkah-Langkah
Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai ungkapan-ungkapan meminta dan memberi
pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan
merespon secara interpersonal
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F
Mendengarkan dan
merespon introduction tentang topik materi yang akan disampaikan
F
Mendengarkan dan
merespon penjelasan kosakata dan tatabahasa tentang topik materi yang akan
dipelajari
F
mendengarkan
percakapan transaksional dan interpersonal tentang topik materi yang dipelajari
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
Belajar
§ Buku teks yang relevan :.
§ Kaset/CD .
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan memberi
pendapat
2.Menyatakan suka dan tidak suka
3.Meminta klarifikasi
4. Merespon secara
interpersonal
|
Tes lisan
Tes Lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Merespon ungkapan
Merespon ungkapan
pilihan
ganda
jwbn singkat
|
Respond to the following
expressions orally.
1. A: What do you think?
B: .Not ........
2. A: What do you like to
drink?
B: ...................
3. A: Are you sure?
B: ..................
a. Ok b.
Fine
c. Alright d. I am
4. A: I’m happy
B: Are you?
A:…….
|
A. Instrumen:
Respond to the
following expression orally.
A: What do you
think?
B: .Not
........
Listen to the expression and choose the best option
A: Are you
sure?
B:
.............
a. Ok b.
Fine
c. Alright d. I am
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi :
8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø memahami teks fungsional pendek mengenai
o Instruksi
o Daftar barang belanjaan
o Ucapan selamat
o Pengumuman
o Menentukan fungsi
komunikatif teks yang didengar.
o Menentu kan ciri
kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
Materi Pembelajaran
·
Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan Selamat
Pengumuman
- Kosakata terkait tema dan jenis teks
- Ciri kebahasaan teks fungsional :
instruksi
daftar barang
ucapan selamat
pengumuman
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai interaksi
dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Brain storming tentang kosakata terkait materi
F Membahas kosakata dan
tata bahasa terkait materi tentang : noun,
noun phrase, adjective, verb, adverb.
F Mendengarkan teks
fungsional yang mengunakan gambit-gambit
attention please, thanks, excuse me,
sorry.
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan :
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.Merespon makna
dalam
teks fung-
sional
pendek :
- Instruksi
- Daftar barang
belanjaan
- Ucapan
selamat
- Pngumuman
2. Menentukan
Fungsi
komuni-
katif
teks yang
didengar.
3. Menentu kan ciri
kebahasaan dari
masing-masing
teks
fungsional
yang
didengar
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
Test Lisan
Tes Tulis
|
Jwbn singkat
-Pilihan
ganda
-melengkapi
Melakukan
perintah
Jawaban Singkat
Uraian singkat
|
Listen
to the text and answer the questions.
Listen
to the text and choose the best option.
Listen
to the text and complete the sentences.
Listen
to the instruction and do it !
What is
the purpose of the text
Listen and write all the verbs stated in the text
Listen and write all the verbs stated in the text
|
§ Instrumen:
1.
Listen to the text and
answer the questions.
2.
Listen to the text and
choose the best option.
3.
Listen to the text and
complete the sentences.
4.
Listen to the instruction
and do it !
§ Pedoman Penilaian
Ø Untuk tiap jawaban benar
skor 2,5
Ø Jumlah skor maksimal 4 x
2,5 = 10
Ø Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui:
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar
Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 8.2 Merespon makna yang terdapat dalam
monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø memahami teks teks lisan fungsional dan
monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat Instruksi diskriptif & procedur
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
·
Teks monolog berbentuk:
DeskriptIf
prosedur
Kosakata terkait tema /
jenis teks
Ciri kebahasaan teks
deskriptif dan procedur.
Langkah retorika teks deskriptif
/ prosedur
Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab mengenai interaksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Mendengarkan dan merespon
tentang berbagai hal terkait tema / jenis teks yang dibahas.
F Memperhatikan penjelasan
tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam teks deskriptif / prosedur
F Mendengarkan model monolog teks
deskriptif/prosedur
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Menjawab pertanyaan secara lisan
tentang isi teks deskriptif/prosedur
F Menyebutkan fungsi
komunikatif teks yang didengar.
F Mengidentifikasi kata
kerja dari teks yang didengar.
F Mendengarkan teks
deskriptif / prosedur lainnya.
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Merespon informasi dalam teks lisan monolog berbentuk :
- Diskriptif
- Procedur
· Menentukan ciri kebahasaan teks yang didengar.
· Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
Listen and answer the
following questions
Listen
to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d
Listen to the text and
choose the best answer by crossing a,b,c or d
|
§ Instrumen:
§ Listen and
answer the following questions
§ Listen to the
text and choose the best answer by crossing a,b,c or d
Listen and make a draft of retelling descriptive/procedure
text
§ Pedoman Penilaian
Ø Untuk tiap jawaban benar
skor 5
Ø Jumlah skor maksimal 5 x
2 = 10
Ø Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi :
9. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done )
dan interpersonal ( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta
memberi fakta
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2 X Pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø memahami teks percakapan transaksional
dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Contoh:
A : Pass me the pencil please!
B : Sure. here you are.
A : Give me the paper Please!
B : Sure, here it is.
Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Membahas kosakata dan
tata bahasa: noun, adjective, adverb,
noun phrase
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Menirukan
ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi
F Berlatih dengan teman
mengunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi
F Bermain peran menggunakan
ungkapan yang telah dipelajari
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
* Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
1.Meminta dan
memberi jasa
2.Meminta dan
memberi barang
3.Meminta dan
memberi fakta
|
Unjuk kerja
Tes Lisan
Unjuk kerja
|
Bermain
peran
Merespon ungkapan
Bermain peran
|
1. Perform the dialogue with
your
friend in the front of the class!
2.
Listen to the expression and
respond to it , example :
a. Pass me the salt, please.
b. Give me the paper,
please.
c. Did you come late?
3. Create a dialoque based on the role cards and performit.
|
§ Instrumen:
Perform the dialogue with your
friend in the front of the class!
Listen to the expression and
respond to it , example :
1.
Pass me the salt, please.
2.
Give me the paper,
please.
Create a dialoque based on the
role cards and perform it.
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 9.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done)& interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara
interpersonal
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Contoh :
A.
What do you think of this?
B.
Not bad
A.
I like tea
B.
I don’t
A.
Are you sure
B.
I am
A.
Do you?
B.
I do
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Mendengarkan dan merespon
pertanyaan tentang topik materi yang akan disampaikan
F
Mendengarkan dan merespon pembahasan tentang kosakata dan
tatabahasa yang terkait dengan topik
materi yang akan disampaikan
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal dengan
teman dengan materi yang dipelajari
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Bertanya dan menjawab berbagai Informasi :
1. Meminta
&
memberi pendapat
2.
Menyatakan suka
dan
tidak suka
3. Meminta
klarifikasi
4.
Merespon secara
interpersonal
|
Unjuk kerja
Tes lisan
Unjuk kerja
Tes lisan
|
Bermain
peran
Daftar pertanyaan
Bermain peran
Menjawab singkat
|
Perform
a dialogue about asking and giving opinion with your own words!
Answer the following
questions orally!
Create
a dialoque based on the role cards and perform it
Give your positive response
a.
Do You ?
b.
Are You ?
c.
Can You ?
d.
Does she ?
|
§ Bentuk: Performance, Daftar pertanyaan, Bermain
peran
§ Instrumen:
Perform a dialogue about asking and giving information
with your own words!
Answer the following questions orally!
Create a dialoque based on the role cards and perform it
§
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 10.1 Mengungkapkan makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Aspek/Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
§ Instruksi
§ Daftar barang
§ Pengumuman
§ Ucapan selamat
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Membahas kosakata dan
tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek
berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
§ Memberi instruksi secara lisan.
§ Menyebutkan daftar barang tertentu.
§ Mengumumkan sesuatu
§ Mengucapkan selamat
|
Unjuk kerja
|
Uji petik berbicara
|
1. Give instrtruction to your
friend orally based on the picture.
2. Mention the things you find in
...
3. Announce a certain information
to your friend
4. Say something to your friend when ...
a. He/She got good score
at english test
b. won the game
|
§ Instrumen:
Give instrtruction to your friend orally based on the
picture.
Make a list of things you find in ...
Announce a certain information to your friend
Congratulate your friend on his / her success
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi
Waktu :2
x 40 menit ( 2x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
1. Teks monolog
berbentuk : Descriptive/Procedure
1.
Kosa kata terkait tema / jenis teks.
2.
Ciri kebahasaan teks deskriptif / prosedur
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Memperhatikan dan
merespon penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa dalam teks monolog
Deskriptif/prosedur tentang Dea/How to make a cup of tea.
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Mengungkapkan
berbagai informasi dalam teks
monolog
berbentuk
-Descriptive
-Procedure
2.Menyebutkan fugsi
komunikatif teks yang didengar.
3.Menyebutkan ciri
kebahasaan teks
yang
didengar.
4.Melakukan monolog
dalam
bentuk
deskriptif / prosedur
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Uji petik berbicara
Uji petik berbicara
|
Answer
the following questions orally!
2.a.
Describe something /
someone with your own
words orally in front of
the class!
2.b. Tell your friends how
to
do something (make a
cup of tea)
|
§ Instrumen:
Answer the
following questions orally!
Describe
something / someone with your own words orally in front of the class!
Tell your
friends how to do something (make a cup of tea)
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 11.1 Merespon makna yang terdapat dalam
teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu :4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan selamat
pengumuman
Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F
Membahas kosakata
dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.mengidentifikasi
berbagai
informasi
dalam
teks
fungsional pendek
berupa:
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan
selamat
- Pengumuman
2.Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
3.Membaca nyaring teks
fungsional / pendek.
|
Tes tulis
Tes lisan
Esai
Unjuk kerja
|
Esai
Pilihan Ganda
Jawaban Singkat
Uji petik membaca nyaring
|
1.write
down the answers completely
2.Choose
the best answer by crossing a,b,c,d
3.Answer
the questions orally
4.Read
the text aloud.
|
§ Instrumen:
A. write down the answers completely
B. Choose the best answer by crossing a,b,c,d
C. Answer the questions orally
D. Read the text aloud.
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 11.2 Merespon makna dan langkah retorika
secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure
Aspek/Skill :
Membaca
Alokasi
Waktu :4
x 40 menit ( 2x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F
Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan
teks deskriptif/prosedur yang akan dibaca
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam
teks
descriptive dan
procedure
2.
Mengidentifikasi
fungsi komunikatif
teks
deskriptif /
procedure.
3.
Mengidentifikasi
langkah retorika
teks deskriptif
/prosedurmenyebutkan ciri kebahasaan teks
descriptive / procedure.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
Pilihan Ganda
Jawaban singkat
|
1. Read the text
carefully
and then answer the
following questions briefly!
2. Answer the questions
based on the text.
3.Choose the correct
Answer
List all the verbs started
in the text
|
§ Bentuk: Uraian
§ Instrumen:
& Answer the
questions based on the text.
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 11.3 Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima
Aspek/Skill :
Membaca
Alokasi
Waktu :2
x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø Memahami makna teks
tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
Teks descriptive/procedure
§ Pronunciation
§ Intonation
§ punctuation
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Mendengarkan dan merespon
hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring teks descriptive/procedure
tentang pentingnya pronunciation,
intonation, punctuation, kualitas suara
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
· Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
· Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar.
|
Tes unjuk kerja
|
Melafalkan
Intonasi
Uji petik Membaca nyaring
|
1. Pronounce the
following
words or phrases correctly!
2. Read the following
sentences by applying
correct intonation!
3. Read the following text
loudly!
|
§ Instrumen:
1. Pronounce the
following words or phrases correctly!
2.
Read the following
sentences by
3.
applying correct
intonation!
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu :4
x 40 menit (2x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai
pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
- Teks fungsional
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
Kosakata terkait tema / jenis
teks.
Ciri kebahasaan teks fungsional.
Metode Pembelajaran: Threephase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Membahas dan mengembangkan
kosakata dan tata bahasa: noun, noun
phrase, adj, verb, adverb, simple Pr tense, imperative
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menulis teks
fungsional
pendek
berbentuk :
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan
Selamat
· Menulis kalimat
sederhana
|
Test tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Melengkapi
Menyusun kata acak
Esai bebas
Tugas rumah
|
1.
Complete the sentences
2.
Rearrange the words into
good sentences
3.
Write down your own
shopping list based on the
situation given.
4.
Write down list of instructions
to be on time to school
5.Write
a greeting card to your
friend on his/her birthday
Listen and make a draft of
retelling descriptive/procedure text
|
§ Instrumen:
Complete the sentences
Write down your own shopping list
based on the situation given.
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP ITUS Jalaksana Kuningan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 2
Standar
Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
: 12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure.
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu :6
x 40 menit ( 3x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
Ø Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai
pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
Teks monolog berbentuk
Descriptive/procedure
Metode Pembelajaran: Threephase
technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama kedua dan ketiga.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanyajawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F
Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang
berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif / prosedur
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Menulsi frasa-frasa,
kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif / prosedur.
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Kaset/CD
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§ Gambar-gambar yang
relevan
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Melengkapi teks - descriptive
-
procedure
2. Menyusun teks
3. Menulis teks berbentuk
- Descriptive/ procedure |
Tes tulis
|
melengkapi
menyusun teks
Esai
|
1. Complete the blank
spaces Correctly.
2. Arrange the jumbled
sentences into a good
descriptive/procedure text
3. Write down a simple
descriptive/procedure text
based on the picture /
with your own words
|
§ Instrumen:
Complete the blank spaces Correctly.
Arrange the jumbled sentences into a good
descriptive/procedure text
Write down a
simple descriptive/procedure text based
on the picturewith your own words
§ Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
|
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah
( Diding Juanda, S.E )
NIK : 003.06.2006.011
|
11Maret 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( Wawan Junawan, S.Pd )
NIK : 003.06.2013.003
|
loading...
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 "
Post a Comment